Orang stress gampang gemuk

Kenapa Orang Stress Gampang Gemuk?

Apa hubungan stress sama perut buncit atau lemak menumpuk di perut?

Pertama, karena kalori makanan yang dikonsumsi. Tidak sedikit orang kalau lagi stress bawaannya makan melulu. Dan biasanya makanan yang dipilih adalah jenis makanan yang manis seperti coklat, kopi susu, pisang keju coklat, dan lain-lain. Dan tanpa disadari kalorinya sudah di luar batas wajar. Lalu satu bulan kemudian berat badan naik 1 kilogram.

Kedua, ketika mengkonsumsi makanan yang manis-manis itu (yang karbohidrat simpleks), itu akan meningkatkan insulin. Dibantu lagi pada saat Anda stress hormon yang dihasilkan adalah hormon kortisol. Hormon kortisol ini sendiri berpengaruh terhadap lonjakan hormon insulin. Jadi kalau hormon insulin sudah naik dan dalam jangka waktu yang lama ini akan mempercepat penumpukan lemak.

Sebenarnya stress itu perlu. Tetapi kalau stressnya terlalu lama maka hasilnya buruk untuk tubuh. Sebenarnya hormon kortisol yang dihasilkan tubuh itu tidak selalu jelek. Namun kalau dalam jangka waktu panjang dia akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Misalnya pada saat anda jalan lalu dari jauh anda lihat ada anjing gila lewat. Apa yang terjadi? Anda akan merasa kuatir, anda  akan merasa stress. Akhirnya tubuh anda akan menghasilkan hormone kortisol. Nah, hormon berfungsi untuk memberikan energi pada organ atau pada daerah yang dibutuhkan. Yang Anda butuh pada saat itu adalah lari cepat, dan hormon ini bereaksi dan memberikan tenaga pada otot rangka, akhirnya anda bisa berlari cepat.  Apa yang terjadi kalau anda tidak stress? Anda akan digigit anjing gila sebab anda tetap santai.

Mengelola pikiran

Jadi saran bagi Anda yang stress adalah kelolalah pikiran Anda.

Ada beberapa terapi di luar terapi medis, antaralain terapi mendengarkan musik, terapi membaca, terapi silaturahmi, terapi jalan-jalan/rekreasi, dan lain-lain.

Salahsatu teknik untuk yang bisa digunakan untuk menenangkan pikiran adalah berendam. Tehnik ini sudah digunakan ribuan tahun lalu di Yunani, China, Jepang. Kalau anda punya bath-up, isilah dengan air hangat lalu rendam seluruh tubuh Anda.

Namun selain itu Anda bisa melakukan terapi apapun yang menurut Anda bisa mengurangi stress, seperti main game, nonton tv, dan lain-lain.

Kelolah stress Anda dengan baik sehingga bentuk tubuh Anda tetap ideal.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *