Kenali dan Waspada Tanda Infeksi pada Luka Berikut Ini!

Kita seringkali secara tidak sengaja mengalami kecelakaan yang menyebabkan luka pada jaringan kulit pada tubuh. Sebagaimana kita ketahui, luka yang tidak ditangani dengan cepat bisa beresiko terjadi infeksi. Infeksi pada luka adalah kondisi dimana terjadinya peningkatan leukosit (sel darah putih) yang ada di sekitar luka. Ciri-ciri luka yang rentan terhadap infeksi adalah timbulnya peradangan di area sekitar luka. Dalam tahap yang lebih parah, luka tersebut bisa mulai timbul nanah. Bila tetap dibiarkan, infeksi bisa menyebar ke seluruh tubuh, menyebabkan demam dan sangat berbahaya terutama terkait dengan sistem pertahanan tubuh (sistem imun).

Setelah mengenali beberapa macam tanda dari luka yang bisa rentan terhadap infeksi, maka jika Anda mengalami luka, ada baiknya segera dilakukan penanganan. Penanganan paling dini yang bisa dilakukan yaitu dengan membersihkan luka sesegera mungkin menggunakan air hangat. Air hangat tersebut hendaknya dibuat dari air panas yang dibiarkan menghangat. Ini cukup efektif untuk membersihkan bakteri-bakteri yang ada pada luka. Supaya luka bisa lebih bersih dan cepat sembuh, Anda juga perlu menambahkan antiseptik yang berfungsi untuk mencegah infeksi.

Propolis adalah salah satu produk kebanggaan dari PT Melia Sehat Sejahtera (MSS) yang sudah dikenal manfaatnya dalam mencegah terjadinya infeksi. Anda bisa menggunakan produk ini terutama untuk memberikan perlindungan lebih saat terjadi luka. Cara penggunaannya pun cukup praktis. Anda bisa meneteskan beberapa tetes propolis pada air yang akan digunakan untuk membersihkan luka. Tutup luka dengan kassa supaya menghindari terjadinya pemaparan terhadap bakteri. Bersihkan luka secara rutin dan hasil yang maksimal bisa Anda dapatkan. Propolis juga terbukti mampu menyembuhkan luka dengan bekas yang minimal. Tentunya ini merupakan pilihan terbaik supaya Anda bisa menghindari infeksi akibat luka.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *