hormatilah ayah dan ibumu

Hormatilah Ayah dan Ibumu

Hai anak-anak taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu ini adalah suatu perintah penting, seperti yang nyata dari janji ini. Efesus 6:1-2 (TB)

HORMATILAH orang tuamu, adalah perintah Tuhan yang wajib ditaati oleh semua anak-anak.

Kalau kita membaca Kitab Keluaran pasal 20 ayat 3  sampai ayat 17, kita temui 10 perintah Tuhan kepada Israel melalui Nabi Musa.

Dalam sepuluh hukum Torat itu kita membaca Jangan itu, Jangan ini, titik. Namun hukum ke-5 bunyinya menarik, yaitu : “Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.” Ternyata dalam perintah ke-5 ini terdapat janji Tuhan yaitu suatu berkat panjang usia bagi mereka yang menghormati orang tuanya.

Baca Juga :   Pernikahan Yang Bahagia

Salah satu masalah sosial yang besar di zaman modern ini ialah soal generasi muda yang tidak lagi menghormati generasi tua.

Banyak anak-anak, ke usia remaja sampai ke status pemuda mahasiswa, terlibat dengan roh pemberontakan, roh membantah, tidak mau taat, tidak menghormati.

Dengan kemasan demokrasi, hak azasi, kritis, aspirasi, mandiri, dan lain-lain, banyak orang muda berontak, melawan, mencaci maki, mengutuk orang tua.

Memang ada juga orang-orang tua yang nakal, jahat dan tidak takut Tuhan. Namun, Tuhan mengajar para anak-anak, orang muda untuk menghormati orang tua, terutama ayah dan ibumu.

Kalau anda menghormati ayah dan ibumu, kelak Anda menjadi orang tua yang juga disayangi anak-anak Anda.

Baca Juga :   Sehat Jasmani dan Rohani

Tuhan Yesus memberkati!

Anda Juga Mungkin Suka Ini

Tinggalkan Balasan