Penyebab Penumpukan Lemak di Perut

Faktor Penyebab Penumpukan Lemak di Perut

Waktu kita bicara soal perut buncit apa yang pertama kali dalam pikiran Anda? Biasanya yang kita pikirkan adalah timbunan lemak. Dan memang salahsatu penyebab perut buncit adalah timbunan lemak.

Berikut faktor-faktor yang menyebabkan penumpukan lemak di perut ;

1. Kalori yang berlebihan.

Kalau kita bicara soal lemak, belum tentu kita makan lemak akan menimbulkan lemak. Sebab banyak orang sudah tidak makan makanan berlemak, menghindari gorengan, makanan bersantan, dan makanan lemak-lemak lainnya, tetapi perut mereka tetap buncit.

Kalau sudah demikian, perhatikanlah jumlah kalori dalam keseluruhan makanan Anda. Sebab kalori yang berlebihan akan disimpan di dalam tubuh dalam bentuk cadangan energi dalam bentuk lemak. Jadi cadangan energi itu disimpan dalam bentuk lemak. Biasanya akan disimpan di perut, di lengan, di bokong, di paha, di pipi, dan lain-lain.

Jadi perhatikan kalori harian Anda dan sesuaikanlah. Ingat, kalori yang berkelebihan dalam jangka panjang akan menjadi cadangan energi dan disimpan dalam bentuk lemak.

2. Faktor usia.

Faktor ini tentu tidak bisa diubah sebab setiap manusia usianya pasti bertambah. Dan semakin bertambah usia maka organ tubuh termasuk pencernaan akan menurun atau melambat fungsinya. Akhirnya akan mudah terjadi penumpukan lemak. Apalagi kalau aktivitas Anda pun ikut berkurang.

3. Kurangnya olahraga

Banyak orang bertanya, olah raga apa yang paling bagus menurunkan perut buncit atau menurunkan berat badan.

Sebenarnya apapun jenis olah raga Anda, olah raga yang paling bagus adalah yang dilakukan secara konsisten, bukan sekali-sekali atau hanya lagi mood saja.  

4. Kelebihan karbohidrat simpleks.

Contoh karbohidrat simpleks adalah nasi, mie, roti, tepung-tepung. Orang yang mengkonsumsi karbohidrat simpleks dalam jumlah yang besar dan terus menerus akan menimbulkan pelonjakan insulin atau kadar level insulinnya akan naik. Kalau hal ini terjadi terus menerus maka akan mempercepat penimbunan lemak di perut.  

5. Stress.

Stres cenderung akan meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh seseorang. Hormon ini kemudian membawa kelebihan lemak di sekitar perut sehingga tak heran akan membuat perutmu membuncit.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *