mengecilkan-perut-buncit-secara-alami-bagi-wanita-dan-pria

Begini Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami Bagi Wanita dan Pria

Baik wanita maupun pria berpotensi memiliki perut buncit. Perut buncit bukan hanya mengganggu penampilan tetapi juga satu tanda yang mengarah kepada obesitas (kegemukan).

Apakah mungkin mengecilkan perut buncit dalam beberapa hari saja? Sebagian ada yang mengklaim begitu. Namun itu sangatlah tidak realistis dan tidak sehat.

Kita bisa mempunyai perut yang ideal hanya dengan mengubah kebiasaan sehari-hari.

Inilah cara mengecilkan perut buncit secara alami bagi wanita dan pria ;

1. Jangan Lewatkan Sarapan

Demi perut ramping, sebagian orang memilih mengurangi asupan kalori harian dengan tidak sarapan. Padahal, melewatkan sarapan hanya akan membuat tubuh terasa lemas dan nafsu makan semakin meningkat di siang hari.

Selain membuat Anda lebih berenergi sepanjang hari, sarapan juga membantu Anda mengurangi keinginan ngemil sampai waktu makan siang tiba. Pilihlah menu sarapan sehat, seperti telur rebus, pisang, yoghurt, smoothies dari sayuran dan buah, atau minum teh hijau hangat di pagi hari dengan beberapa potong biskuit.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Kenapa banyak minum air putih bisa menjadi cara mengecilkan perut? Simpelnya, ketika kamu banyak minum air putih, lemak dalam tubuh akan lebih mudah terlarut.

Di samping itu, banyak minum air putih juga akan membuat kamu tidak cepat merasa lapar sehingga konsumsi makanmu bisa berkurang.

Dalam melakukan cara mengecilkan perut ini, minumlah air putih sebanyak dua liter setiap harinya. Jika dirata-ratakan, jumlah tersebut setara dengan delapan gelas.

3. Mengunyah Makanan Lebih Pelan

Mungkin anda berpikir, apa hubungannya mengunyah dengan menurunkan mengecilkan perut buncit? Alasannya, proses pencernaan sebenarnya sudah dimulai dari mulut dengan enzim amilase dan juga proses mengunyah.

Baca Juga :   Inilah Cara Mengatur Gula Darah Penderita Diabetes Tetap Stabil

Dengan mengunyah lebih baik atau dengan meningkatkan frekuensi mengunyah, maka kita akan membuat makanan tersebut lebih mudah dicerna. Sehingga nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut akan terserap dengan lebih baik.

Selain itu, dengan mengunyah lebih pelan maka kita akan lebih menikmati makanan tersebut dan akan lebih mudah kenyang. Kalau sudah kenyang maka kita tidak tergiur untuk makan lebih banyak.

Bandingkan jika kita makan dengan cepat, dengan rakus, maka biasanya kita akan makan jauh lebih banyak. Makan lebih banyak berarti kalori lebih banyak masuk ke dalam tubuh dan akan menimbulkan perut buncit.

Untuk membangun kebiasaan mengunyah lebih pelan, setiap suapan pastikan waktunya sekitar 20-30 detik.

4. Mengurangi Minuman Manis

Perhatikan, ini adalah mengurangi manisan bukan berhenti sama sekali. Sehingga Anda membangun kebiasaan ini bukan hanya satu atau dua bulan saja tetapi seumur hidup.

Sebenarnya tidak ada hal jahat dalam minuman manis. Hanya perlu keseimbangan kalori.

Minuman manis itu biasanya mengandung kadar gula yang tinggi. Jadi dengan mengurangi minuman manis ini sama dengan mengurangi kalori ke dalam tubuh kita.

Jadi bukan berarti kita tidak boleh sama sekali minum minuman manis. Boleh minum tetapi dengan jumlah dan frekuensi yang lebih diatur atau jarang. Misalnya dua kali seminggu.

5. Minum Air Jeruk Nipis

Minum air jeruk nipis juga bisa menjadi cara mengecilkan perut alami yang efektif. Hal ini karena jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi sehingga bisa membantu menghancurkan lemak di dalam tubuh.

Baca Juga :   Bahaya Diet Ekstrem, Bisa Mengakibatkan Kemandulan

Sebaiknya kamu minum satu gelas air jeruk nipis saat pagi hari, tepatnya ketika perut masih kosong. Namun, jika kamu memiliki penyakit maag, meminum air jeruk nipis setelah sarapan lebih dianjurkan. Lakukanlah cara mengecilkan perut ini dengan rutin setiap harinya.

6. Tidur atau Istirahat Yang Cukup

Tidur yang cukup juga bisa menjadi cara mengecilkan perut secara alami yang ampuh. Hal ini karena dengan tidur yang cukup, hormon kortisol yang menyebabkan stres bisa dikurangi. Hormon kortisol ini jika tidak dikendalikan bisa membuat timbunan lemak pada perut.

Anjuran waktu tidur yang baik untuk orang dewasa adalah tujuh sampai sembilan jam. Dengan demikian, jika waktu tidurmu kurang dari anjuran tersebut, perutmu akan lebih mudah membesar. Jangan lupa untuk menggunakan kasur yang nyaman agar kamu bisa tidur nyenyak dan kualitas tidurmu pun lebih baik.

7. Memperbanyak Konsumsi Sayuran dan Buah-buahan Dalam Sehari

Ukuran ‘banyak’ di sini sebenarnya relatif. Ada orang makan satu genggam sayur satu hari sudah merasa banyak banget. Tetapi ada juga orang yang makan lima genggam sayur dalam satu hari baru terasa cukup.

Jika kita menggunakan patokan Kemenkes RI dengan “Isi Piringku”, maka setiap kali kita makan besar, dalam satu piring 2/6-nya itu harus diisi dengan sayuran dan 1/6 sisanya diisi dengan buah-buahan. Dengan cara ini diharapkan kita bisa mencukupi kebutuhan mikronutrients dan juga serat harian kita.

Baca Juga :   Menurunkan Berat Badan Dengan Cara Defisit Kalori

Namun selain itu, dengan meningkatkan asupan sayuran dan buah-buahan, sebenarnya kita membantu tubuh kita untuk lebih mudah merasa kenyang. Terutama sayuran, karena kalorinya sangat kecil tapi volumenya besar.

Volume sayur yang besar dapat membantu meregangkan lambung kita. Dan dengan merenggangnya lambung maka akan dikirim sinyal-sinyal rasa kenyang ke otak kita. Karena kita merasa kenyang maka kita akan mengontrol nafsu makan. Dan tentu hal ini akan membantu kita terhindar dari perut buncit.

8. Sit-Up dan Push-Up

Cara mengecilkan perut yang satu ini sudah bukan rahasia lagi. Dua gerakan olahraga push-up dan sit-up sangat ampuh membakar lemak di bagian perut. Dengan kamu rajin melakukan cara mengecilkan perut ini setiap hari, impian mendapatkan perut rata sangat mungkin menjadi kenyataan.

Cara mengecilkan perut dengan sit-up dan push-up sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Setidaknya, lakukan masing-masing gerakan olahraga yang bisa mengecilkan perut ini sebanyak 10 kali setiap pagi. Selain membakar lemak, melakukan olahraga ini juga akan mengurangi nafsu makanmu sehingga lebih efektif lagi dalam cara mengecilkan perut.

Salam sehat!

Anda Juga Mungkin Suka Ini

Tinggalkan Balasan