alat untuk hidup sehat

5 Alat Yang Wajib Dimiliki Untuk Hidup Sehat

5 Rekomendasi alat yang penting sekali untuk membangun hidup sehat ;

1) Timbangan berat badan.

Kenapa saya menyarankan timbangan berat badan ialah karena timbangan berat badan adalah salahsatu alat ukur yang objektif dan paling mudah untuk digunakan. Selama kalian menggunakan, selama kalian menggunakannya dengan tepat. Jadi menimbang berat badan itu seharusnya dilakukan dengan satu timbangan berat badan yang sama di waktu yang sama dengan kondisi tubuh yang sama. Secara umum, waktu yang disarankan untuk menimbang berat badan adalah di pagi hari setelah B.A.B. nah dengan memiliki timbangan berat badan di rumah maka akan mengurangi kemungkinan error atau salah dalam menimbang berat badan.

Sebab ada orang kalau lihat timbangan di apotik atau kalau di tempat gym ada timbangan, atau timbang di rumah teman. Nah, dengan timbangan yang berbeda-beda serta waktu yang berbeda-beda dan kondisi tubuh yang berbeda-beda, hasilnya juga pasti berbeda-beda dan tidak akurat. Makanya itu sebabnya kenapa harus punya satu timbangan di rumah. Supaya kalian bisa menimbang berat badan dengan satu timbangan itu saja.

Nah, kalau untuk jenis timbangannya, sesuaikan dengan budget Anda. Sebenarnya tidak perlu yang terlalu canggih. Selama itu bisa menunjukkan berat badan itu sudah cukup. Timbangan yang saya gunakan dari xiomi. Sudah saya gunakan sekitar 2 tahun dan masih awet sampai sekarang.

2) Meteran

Seperti yang sering saya katakana bahwa berat badan itu bukan satu-satunya parameter yang perlu diukur. Yang berikutnya perlu diukur sebenarnya dan mudah dilakukan adalah lingkar tubuh. Dan untuk mengukur lingkar tubuh anda memerlukan meteran.   

Anda bisa menggunakan meteran standar atau meteran pita yang digunakan untuk mengukur kain. Atau bisa juga menggunakan body tape. Meteran seperti ini ada alatnya di ujung sehingga bisa dicantolin diujungnya. Lalu meteran yang sudah terbukan bisa ditarik secara otomatis.

Meteran body tape lebih mudah digunakan di daerah-daerah yang agak sulit dilakukan kalau sendiri, misalnya mengukur betis tangan dibandingkan dengan meteran biasa.

Kenapa penting mengukur lingkar tubuh? Karena terkadang berat badan saja tidak bisa menggambarkan kondisi tubuh kita secara sempurna. Dan kita bisa saja menganggap bahwa tidak ada progress dan diet kita sepertinya tidak berguna. Padahal sebenarnya ada progressnya, Cuma karena kita tidak ukur maka kita tidak tahu. Pernahkah Anda merasa bahwa berat badan Anda stagnan, gak gerak sama sekali. Tetapi kalian merasa baju kalian lebih longgar dan kalau dilihat di cermin terlihat lebih ramping. Jadi bisa saja berat badan kalian tidak berubah tetapi komposisi tubuh kalian sudah berubah jadi lebih baik. jadi massa lemaknya turun dan massa otonya naik. Nah, lingkar tubuh adalah salahsatu parameter objektif yang bisa kalian gunakan untuk mengukur perubahan ini. Jadi bukan merasa doang tetapi benaran ada datanya. Dan kalian bisa melihat progresnya dari waktu ke waktu.   

3) Timbangan makanan.

Alat ketiga yang diperlukan adalah timbangan makanan. Terutama kalau kalian mau melakukan metode menghitung kalori. Kalian perlu banget alat ini. Sarannya adalah beli alat timbangan makanan yang agak bagus, yang mahal dikit gak apa-apa. Karena kalian akan sering banget pakai barang ini. Dan cari yang agak tipis, jadi bisa dibawa ke mana. Alat timbangan makanan yang lebih murah biasanya lebih cepat rusaknya.

Kalau kalian menakar makanan hanya dengan mata doang atau dikira-kira doang, dipastikan akan banyak missnya. Mungkin anda berpikir tidak apa-apa miss sedikit-sedikit, tetapi jangan lupa pepatah berkata sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Jadi gunakan timbangan makanan untuk menimbang makanan kalian. Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat dan lebih detail.

4) Alat masak

Kenapa alat masak dibutuhkan? Supaya anda lebih sering masak sendiri di rumah. Dengan masak sendiri di rumah, kita bisa mengatur lebih baik makanan apa yang akan masuk ke dalam tubuh. Kita juga mengurangi minyaknya, bisa tambahi sayurannya. Kita juga bisa menggunakan bumbu2  dapur yang kita suka supaya rasanya menjadi enak. Dan sebenarnya salahsatu manfaat terbesar dari memasak adalah kita menjadi lebih peka dan lebih lihai dalam memilih makanan di luar. Jadi kalau suatu saat makan di luar, Anda dengan sendirinya akan menjadi lebih menegrti mana makanan yang mengandung kalori lebih tinggi, dan makanan jenis apa yang perlu saya prioritaskan dan makanan jenis apa yang perlu dikurangi porsinya.

Maka lebih sering memasak sendiri di rumah adalah Langkah awal yang sangat baik untuk belajar mengenali jenis makanan apa yang harus dimakan lebih banyak dan mana yang harus dibatasi porsi dan frekuensinya.

Alat masak yang perlu anda miliki ;

Wajan anti lengket.

Sesuaikan budget anda sebab banyak jenis wajan anti lengket.

Spatula.

Kalau anda mempunyai wajan Teflon tepat sekali untuk memiliki spatula yang tidak menggores lapisan anti lengketnya.

Panci.

Ada baiknya Anda menggunakan panci yang cukup besar untuk memasak sup. Supay bisa divariasiin makanannya, tidak tumis-tumis doang.

5) Botol minum.

Kalau anda belum memiliki botol minum, sudah saatnya untuk memiliki. Dengan memiliki dan membawa botol minum ke mana-mana akan lebih mudah untuk mencukupi kebutuhan air minum sekaligus juga mengurangi kemungkinan untuk ngemil sembarangan. Cari botol yang Anda suka stylenya dan sesuaikan dengan kebutuhan. Orang yang suka minuman dingin biasanya lebih suka botol minum model termos supaya lebih tahan lama dinginnya. Tetapi saya kombinasikan dengan yang berukuran lebih besar yang jelas bisa memuat air minum lebih banyak.

Dengan membawa botol minum ke mana-mana kita akan membantu mencukupi kebutuhan air minum kita setiap harinya. Kemudian kita juga akan mengurangi kkemungkinan untuk nyemil sembarangan. Misalnya kalau lagi jalan-jalan di mall dan bawa botol air minum, maka anda lebih tidak tergoda untuk beli atau jajan minuman-minuman manis yang juga berkalori. Kalau di rumah, kalau ada botol air minum di samping kita, maka saat kita merasa lapar atau saat merasa ingin nyemil, kita tidak mencari snack lagi karea sudah ada air minum di samping kita. Yang kita gunakan untuk mengganjal rasal lapar tersebut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *